Kharisma

Browse By

Category Archives: Konsultasi

parenting

Pengalaman Unik

Pertanyaan :

Mba-mba yang baik, Ceritain dong pengalaman uniknya seputar anak-anak selama ini di Jerman. Bagaimana puasa mereka dan pakaian mereka? (Ibu H, Stuttgart)

Jawaban :

Anak saya Ja’far, dia belajar puasa sejak 4 tahun. Pertama 2 jam kemudian ditambah lagi dan seterusnya hingga penuh. Waktu di TK msh bisa diakalin, jadi nggak terlalu protes gurunya. Pas kelas 1 atau kelas 2 (lupa) ada gurunya yg protes bahwa anak-anak perlu tumbuh dan butuh makan minum. Saya sudah bilang bahwa ini hanya belajar dan bukan suatu kewajiban. Suatu saat ada kehadiran ortu dalam kelas termasuk saya. Di depan saya, gurunya maksa Ja’far utk minum, lalu Ja’far minum hingga batal puasanya. Sampai rumah dia nangis dan bilang ke saya bahwa dia nggak suka dipaksa minum. Besoknya saya bilang ke gurunya, agar tidak memaksa Ja’far untuk makan atau minum, seperti juga saya tidak memaksa dia untuk berpuasa. Saya katakan dg nada agak keras dan dalam bhs Inggris.

konsultasifitri

Kesehatan Anak

Pertanyaan:

Begini Dok, saya punya sahabat di Hamburg. Dia tampaknya bingung sekali dengan pemberian obat untuk anaknya. Putrinya berusia 8 bulan, mengalami sesak nafas pertama kali dan oleh dokter anaknya diberi puyer berisi montelukast sebanyak 28 buah, dan dokternya memberitahu agar bila obatnya habis segera datang kembali untuk kontrol. Bagaimana penjelasannya Dok? (Ny J, Hannover)

konsultasiradiana

Stem Cell

Pertanyaan:

1. Mohon info ttg stem cell utk anak down syndrome, sangat mengganggu jualan ini, kepada kami di janjikan anak jadi normal. ciri ciri DS nya hilang , padahal bahannya diambil dr kelinci (Ibu R, Kendari)

Jawaban:

Terapi stem cell yang establish secara medis sampai saat ini baru terapi stem cell (hematopetic) dari sumsum tulang untuk leukimia.

Terapi stem cell yang saat ini berada dalam uji klinis (maksudnya masih dalam tahapan penelitian, pasien direkrut untuk uji klinis ini memiliki kriteria tertentu, dan sentra penelitiannya yang bisa dipercaya adalah yang berbasis akademis) di antaranya terapi stem cell (adult peripheral blood, hematopetic stem/progenitor cells) untuk penyakit jantung infark kronik dan penyakit otot jantung (kardiomiopati).

konsultasinuraini

Kesehatan Mata

Pertanyaan:

Nanya ibu2 dokter yang sholihat, kalo gula darah 230 itu memang nggak aman ya buat manula 65 tahun operasi katarak? (Ibu Ani, Berlin)

Jawaban:

Secara umum, range kadar gula darah yang  ideal yg disepakati utk DM antara 120-200mg/dL. Mengapa? krn kadar gula darah yang tinggi meningkatkan kemungkinan infeksi & melemahkan fungsi leukosit (sel darah putih) yang berfungsi menangani infeksi. Yang namanya operasi kan berarti nantinya akan ada sayatan baik besar maupun kecil. Nah, untuk menghindari infeksi & penyembuhan luka yang lama, maka idealnya pada DM, kadar gula darahnya seperti yang saya sebutkan diatas. selain itu, sebaiknya dicek juga kondisi umumnya, terutama untuk mencari adakah komplikasi di ginjal & jantung yang biasanya menyertai DM.

interaksiibuanak

Tips-tips Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Sejak Lahir

oleh: Aninditya Nafianti

Orangtua mana yang tidak senang bila memiliki anak dengan kemampuan berbahasa yang luar biasa sejak kecil? Katanya program TV untuk bayi atau program DVD untuk bayi, dapat membantu mencerdaskan anak serta meningkatkan kosakata anak sejak bayi. Bener gak sih? Pertanyaan-pertanyaan tersebut cukup menggelitik untuk ditelaah lebih lanjut, namun bagaimana sebenarnya cara efektif meningkatkan kemampuan berbahasa anak sejak lahir?